TRIBUNNEWS.COM – Lada hitam atau black pepper merupakan rempah-rempah yang kaya antioksidan, seperti vitamin A, vitamin C, dan senyawa lain, seperti peperin, lycopene, karotin, zea-xanthin, dan cryptoxanthin, yang dapat membantu menghilangkan radikal bebas yang merusak.

Lada hitam juga memiliki diaporetik (mempromosikan keringat) dan diuretik (mempromosikan buang air kecil). Untuk lebih jauh, berikut adalah beberapa manfaat lada hitam:

Meningkatkan pencernaan
Lada hitam dikenal sebagai karminatif, dimana merupakan zat yang membantu dalam stimulasi selera untuk meningkatkan sekresi asam klorida untuk peningkatan pencernaan, termasuk pencegahan diare, sembelit, dan sebagainya.

Menghilangkan vitiligo
Vitiligo merupakan kondisi dimana bagian kulit kehilangan pigmen. Lada hitam mengandung piperin yang dapat merangsang kulit untuk memproduksi pembentukan pigmen.

Meningkatkan fungsi kognitif
Piperin di dalam lada hitam memiliki sifat anti-depresi, dimana akan meningkatkan produksi endomorphins, yaitu zat kimia yang hadi di otak yang membebaskan kita dari rasa sakit dan meremajakan kesehatan mental.

Membantu mencegah flu dan demam
Lada hitam dapat melawan mikroba dan menghancurkan kuman serta patogen, yang menyebabkan demam dan membersihkan rongga hidung.

Lada hitam juga mengandung vitamin C, dimana dapat melawan demam serta flu. Lada meningkatkan keringat dan menghilangkan lendir di dada serta hidung, sehingga menghalangi flu.

Meningkatkan kesehatan gigi dan gusi
Mengonsumsi lada hitam dapat mengurangi peradangan gusi serta mengurangi rasa sakit gigi akut. Campurkan bubuk lada hitam dengan sejumput garam, lalu terapkan pada gigi berlubang, maka akan mengurangi rasa sakit.

Mengatur tekanan darah
Kandungan mineral, seperti kalsium, zat besi, serta kalium juga dimiliki lada hitam, dimana akan membantu menurunkan tekanan darah.

Lada hitam mengandung kalium, yang dapat meminimalkan tingkat natrium, yang diidentifikasi menjadi faktor tekanan darah tinggi mengatur tekanan darah.

Dan, itulah beberapa manfaat lada hitam. Secara keseluruhan juga, lada hitam dapat menghilangkan kolestrol, meningkatkan metabolisme, memperkuat tulang, dan meningkatkan kesehatan saraf serta otot.

Read More : http://www.tribunnews.com/kesehatan/2016/10/16/manfaat-lada-hitam-yang-jarang-diketahui-orang